BKKBN GELAR PERTEMUAN TIM JAGA MUTU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI

Jambi – Senin (13/1), Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi mengadakan kegiatan pertemuan Tim Jaga Mutu yang terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Biro Kesramas Provinsi Jambi, BPJS Kesehatan Jambi, IDI Jambi dan IBI Jambi dan mitra lainnya sebagai upaya bersinergi meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi. Dalam pertemuan ini dibahas capaian program KB tahun 2019, permasalahan alat kontrasepsi dan agenda tahun 2020.

“Pertemuan ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi di Provinsi Jambi khususnya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),” ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti usai pertemuan yang digelar di Saung Purnama, Kota Jambi.

Menurutnya dalam meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi di Provinsi Jambi, tidak terlepas dari peran Tim Penjaga Mutu sehingga harapannya masyarakat yang sudah dilayani merasa puas dengan hasil pelayanan yang diberikan pemerintah. Mukhtar menjelaskan, sesuai dengan surat tugas dari Gubernur kepada Tim Penjaga Mutu, sumbangsih pelayanan KB untuk masyarakat harus terlaksana dengan baik.

“Kita mempunyai tugas untuk meningkatkan cakupan MKJP minimal 24 persen. Saat ini sekarang masih didominasi dengan kontrasepsi suntik dan pil, sehingga ke depan akan kita arahkan ke MKJP,” ungkapnya.

“Jika ada masyarakat yang ingin ber-KB, harus kita layani dengan baik, jangan sampai mereka ingin ber-KB tapi pemerintah tidak bisa memberikan pelayanan baik baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Saat ini masih banyak masyarakat yang ingin ber-KB tapi pemerintah tidak bisa memberikan jaminan untuk mereka dilayani dengan baik,” ujarnya.

Mukhtar juga menyampaikan bahwa pertemuan bersama Tim Jaga Mutu akan dilaksanakan secara berkala dan akan ada evaluasi. Diharapkan pada tahun 2020 ini, mitra-mitra bisa memberikan kontribusi lagi dan bisa memberikan pelayanan KB dengan baik. (hill)