EVALUASI PROGRAM KKBPK BERSAMA OPD-KB

BKKBN Online – Jambi, 20 Januari 2020 bertempat di Ruang Kelas Balatbang Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dilaksanakan Rapat Pengendalian Program KKBPK data tahun 2019. sedikit berbeda dari rutinitas radalgram yang biasa, kali ini Perwakilan BKKBN Provinsi mengundang OPD-KB Provinsi, Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi dan juga OPD-KB Kabupaten/Kota dalam mengevaluasi capaian kinerja Program KKBPK selama tahun 2019. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH, MA dan Kasubbid Data dan Informasi sebagai penyaji materi.

Dari penyajian materi yang disampaikan langsung oleh Kasubbid Data dan Informasi di ketahui bahwa, pada tahun 2019 Provinsi Jambi dalam hal Pengelolaan Data dan Informasi Program KKBPK telah menggunakan Sistem Informasi Keluarga (SIGA) dan merupakan satu-satunya Provinsi di Indonesia yang mengambil kebijakan ini. Hal ini bertujuan agar program KKBPK di Provinsi Jambi memiliki validitas yang tinggi karena data yang dikumpulkan merupakan data by name by address. Evaluasi dari capaian Program KKBPK sepanjang tahun 2019 adalah, masih perlunya kerjasama OPD-KB dan Petugas Lapangan Program KKBPK dalam menggali potensi wilayah di masing-masing daerah seperti potensi Fasilitas Kesehatan Tempat Pelayanan KB, Potensi wilayah sasaran untuk pembentukan Kelompok-kelomok Kegiatan Masyrakat Program KKBPK. Belum maksimalnya data Faskes KB yang ada di Provinsi Jambi menjadi salah satu penyebab rendahnya capaian peserta KB di Provinsi Jambi pada tahun 2019. 

Dalam rapat ini juga dibahas tentang kinerja Petugas Lapangan KB yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Program KKBPK di lapangan. Hadir sebagai peserta rapat seluruh Koordinator PKB Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi. dalam dialognya dengan Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Jambi, para Koordinator KB menyampaikan bahwa dalam menilai ataupun memberikan evaluasi kepada petugas lapangan hendaknya mengikuti arturan yang berlaku, tidak serta merta langsung meberikan penilaian yang negatif ketika kinerja mereka tidak sesuai dengan yang di telah ditargetkan. Dialog ini menjadi pembuka komunikasi efektif antara petugas lapangan dan pembina wilayah dari Provinsi untuk menunjang efektifitas pelaksanaan program KKBPK kedepannya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten yang telah mencapai target program KKBPK, Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Jambi memberikan hadiah kepada Kabupaten Muaro Jambi karena dari sisi pencatatan dan pelaporan telah konsisten mencapai 100 % dalam Triwulan terakhir. Menurut Kabid Dalduk Dinas PP dan KB Kabupaten Muaro Jambi, Ahmad Yadi, SKM, MM strategi yang dijalankan dalam menjalankan program KKBPK di Kabupaten Muaro Jambi adalah dengan merangkul petugas lapangan/penyuluh KKBPK. “Kami mengadakan pembinaan setiap awal bulan kepada seluruh PKB/PLKB yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Dalam pertemuan setiap awal bulan tersebut kami akan membahas tentang segala sesuatu yang menjadi kendala dilapangan dalam pelaksanaan Program KKBPK” ungkap Yadi.

“Setiap PKB/PLKB memiliki wilayah binaan masing-masing, tentunya kendala dan strategi yang dijalankan juga berbeda di masing-masing wilayah dalam mencapai target program KKBPK. Untuk itu kita perlu berbagi pengalaman dan trik-trik agar apa yang dilakukan di suatu kecamatan dan berhasil dapat diadaptasi oleh kecamatan lain.” lanjut Yadi.

Strategi ini pula yang diharapkan oleh KepalaPerwakilan BKKBN Provinsi Jambi kepada Kabupaten/Kota lainnya. Dengan adanya evaluasi dan pembinaan rutin yang dilakukan OPD-KB terhadap petugas lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas lapangan dan capaian kinerja program KKBPK di setiap wilayah di Provinsi Jambi. (ry)