MUARO JAMBI MENJADI KABUPATEN PELAKSANA SIGA TERBAIK TINGKAT PROVINSI

Sengeti, 20 November 2019 Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melakukan evaluasi terpadu Program KKBPK khususnya Pencatatan dan Pelaporan hasil Pelaksanaan Program KKBPK di setiap Kabupaten/Kota. Tahun 2019 ini merupakan tahun transisi tata cara pencatatan dan pelaporan Program KKBPK di Provinsi Jambi karena Perwakilan BKKBN mulai memberlakukan aplikasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) dan menjadi satu-satunya Provinsi di Indonesia yang mengambil kebijakan ini. Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas data Program KKBPK yang ada di Provinsi Jambi dan juga meningkatkan kinerja Petugas KKBPK yang ada di Provinsi Jambi.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Sistem Informasi Keluarga (SIGA) merupakan aplikasi yang mencatat setiap individu yang menjadi peserta KB dan terlibat dalam kelompok-kelompok kegiatan masyarakat yang berbasis program KKBPK. Jadi, SIGA merupakan aplikasi yang mencatat by name by addres setiap akseptor KB yang ada di Provinsi Jambi. Dalam pelaksanaan pencatatan dan pelaporan dengan aplikasi SIGA ini, masih banyak terkendala hal-hal teknis dan non teknis di lapangan. Salah satu hal yang menyebabkan SIGA tidak terlaporkan dengan baik adalah masih kurangnya pemahaman dan keterampilan petugas lapangan dalam penginputan data yang berbasiskan Informasi Teknologi (IT). Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi ini perlu adanya peran serta OPD-KB dalam membimbing petugas lapangan dalam melaporkan capaian program melalui aplikasi SIGA ini.

Kabupaten Muaro Jambi, menjadi satu-satunya kabupaten yang bisa menghindari kendala-kendala ini. salah satu strategi yang diterapkan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Muaro Jambi adalah dengan mengadakan pertemuan rutin setiap awal bulan dengan penyuluh lapangan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Drs. Syafrizal, Kasubbid Data dan Informasi, Dinas PP dan KB Kab. Muaro Jambi menyampaikan bahwa “Dalam pertemuan ataupun pembianaan setiap awal bulan, kami (OPD-KB) akan berdialog dengan para PLKB. Mulai dari Koordinatornya, PLKB setiap kecamatan dan juga dengan para operator SIGA. Kita berdiskusi mencari solusi dari setiap kendala-kendala yang mereka hadapi di lapangan khususnya dalam pengentryan data SIGA ini.”

“Pertemuan ini kami lakukan berawal dari hasil Review tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada bulan Agustus kemarin. dari hasil tersebut kami merasa malu dengan Provinsi dengan capaian Program kami selama semester satu. Maka dari Kepala Dinas PP dan KB meminta Kabid Pengendalian Penduduk untuk mengumpulkan para PLKB seluruh Kabupaten Muaro Jambi untuk membahas tentang capaian ini. Dan berawal dari sana, selanjutnya kegiatan ini menjadi agenda rutin Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Muaro Jambi.” lanjut Syafrizal.

Terbukti dengan adanya evaluasi setiap bulan yang dilakukan oleh OPD-KB ini, cakupan laporan SIGA Kabupaten Muaro Jambi mulai menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dimana sejak bulan Agustus hingga November, cakupan laporan SIGA Kabupaten Muaro Jambi selalu 99-100 persen, menjadi Kabupaten terbaik diantara 11 Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.  Dalam evaluasi SIGA Tingkat Provinsi, Kabupaten Muaro Jambi mendapatkan apresiasi dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Advokasi dan KIE, Yuslidar, SP. Yuslidar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengelola data dan informasi yang ada di Kabupaten Muaro Jambi dari tingkat Kabupaten hingga Desa/Kelurahan. (ry)