PERWAKILAN BKKBN PROVINSI JAMBI GELAR MONEV ZI-WBK

Dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi, berbagai instansi Pemerintah mulai berlomba menata diri, tak terkecuali Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Kegiatan Pembinaan dan Monitoring Pelaksanaan PMPRB dan Unit Kerja Percontohan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) yang berlangsung di Ruang Kelas Latbang pada (16/12) ini mengundang narasumber dari Inspektorat dan BKKBN yakni Hamzah dan Widi Citra.


Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kepada Kementerian/Lembaga yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Ada dua jenis komponen yang harus dibangun, yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil. Komponen pengungkit yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, dan penguatan pengawasan serta peningkatan kualitas pelayanan publik. Selanjutnya indikator hasil terdiri dari terwujudnya pemeritahan yang bersih dan bebas dari KKN dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.


Dalam kegiatan tersebut, perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dibantu tim dari inspektorat melakukan evaluasi terhadap data dukung yang telah dipersiapkan Tim Pokja ZI-WBK sekaligus memberikan masukan aspek yang masih perlu perbaikan kedepannya.
Menurut Kepala Perwakilan Mukhtar Bakti, kegiatan ini diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati baik ASN maupun non ASN di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi untuk terus menjaga momentum dan komitmen bersama demi keberhasilan meraih predikat ZI-WBK pada tahun 2020.