BKKBN Jambi Gandeng AIMI dalam Advokasi Program KKBPK Berbasis Komunitas

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bekerjasama dengan Asosiasi Ibu menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Jambi menggelar kegiatan advokasi program KKBPK berbasis komunitas, sebagai bagian mendukung pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK). Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Advokasi dr. Alphi Yusminanda, MAPS mewakili kepala BKKBN Jambi Mukhtar Bakti di Ruang Pertemuan Latbang BKKBN Provinsi Jambi, Sabtu (30/11).
“Kegiatan ini untuk mendukung program KKBPK, mensosialisasikan kepada masyarakat luas melalui komunitas, organisasi profesi, TNI, Polri, ormas, LSM, Remaja, dan lainya,” ujar dr. Alphi Yuminanda, MAPS.
Organiasi AIMI merupakan mitra BKKBN yang potensial dalam mensukseskan program KKBPK, pelibatan komunitas ini bertujuan mensosialisasikan program KKBPK yakni keluarga berencana dan pembangunan kualitas masyarakat berbasis pembangunan keluarga. Mengusung tema keluarga terencana dan kolaborasi peran ayah dan ibu, kunci keberhasilan pemberian ASI, dihadiri 120 peserta yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, remaja, dan ayah.
Pemaparan narasumber, dr. Alphi Yusminanda, MAPS menjelaskan seputar kesehatan reproduksi, sedangkan Novita Sari menyampaikan Perencanaan hidup berkeluarga dan stunting.
AIMI yang dibentuk tahun 2007 ini adalah gerakan para ibu yang menyadari pentingnya Air Susu Ibu bagi bayi, AIMI Jambi saat ini diketuai oleh Idiazuchri gencar mensosialisasikan pentingnya pemberian ASI ekslusif, menggandeng BKKBN Jambi sebagai upaya membantu program pemerintah.
“Seminar kesehatan ini sebagai bentuk sosialisasi pentingnya pemberian ASI pada bayi, memperdayakan peran orang tua dan kaum remaja untuk merencanakan menuju jenjang berkeluarga,” kata Carita Maharani, selaku ketua pelaksana kegiatan.