PEMBENTUKAN POSYANDU REMAJA SEBAGAI MITRA KERJA YANG TERINTEGRASI DENGAN PIK-R KELURAHAN THEHOK

JAMBI – Dalam mengambil perannya, UPT. Puskesmas Kebon Kopi (16/11/2019) melaksanakan Kegiatan pelatihan kader kesehatan remaja, sekaligus membentuk kader posyandu kesehatan remaja di Aula Kantor Kelurahan Thehok.
Acara ini dibuka oleh Lurah Thehok, Sugeng Sunuadi, SE Kp, yang dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung kegiatan PIK dan Posyandu Remaja sebagai upaya untuk mencegah remaja untuk terhindar dari perbuatan yang buruk dan membiasakan pola hidup sehat. Acara ini juga turut dihadiri oleh PKB Wilayah Binaan Kelurahan Thehok dan Bidan Puskesmas Kebon Kopi.

Posyandu remaja ini terintegrasi dengan PIK-R Kelurahan Thehok, dimana tujuannya agar poktan PIK-R yang juga sebagai kader posyandu remaja ini nantinya akan menjadi pelopor kesehatan tingkat remaja, baik di sekolah maupun di masyarakat, mereka menjadi perpanjangan tangan dari program KKBPK dan Puskesmas Kebon Kopi dalam mendorong peningkatan kualitas kesehatan di masyarakat, yang dimulai dari diri mereka, keluarga dan lingkungannya.
Tujuan pembentukan posyandu kesehatan remaja ini sendiri adalah untuk meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) bagi remaja, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan meliputi kesehatan reproduksi, kesehatan jiwa dan obat-obatan berbahaya (Rokok dan NAPZA), upaya perbaikan Gizi, mendorong remaja aktif aktifitas fisik (olahraga), mendeteksi dini dan pencegahan penyakit menular (HIV/AIDS, TBC dll) maupun tidak menular (Hipertensi dll), membangun kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan yang sedang marak terjadi dikalangan remaja saat ini. (dap)