ORIENTASI SPSS BAGI TENAGA FUNGSIONAL BKKBN PROVINSI JAMBI

Jambi – Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi adakan Orientasi Aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) di Ruang Rapat Hotel Luminor Jambi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan tenaga fungsional Perwakilan BKKBN Jambi. Dimulai pukul 7.30, diawali dengan instalasi aplikasi SPSS, pembagian modul, dan Data Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 untuk setiap peserta.


Orientasi ini dilakukan selama dua hari Senin hingga Selasa, 4-5 November 2019. Kegiatan hari pertama dimulai dengan pengenalan aplikasi SPSS kepada para peserta. Penginstalan, pengenalan menu, hingga cara mengoperasikannya. Peserta belajar teori hingga praktik pengoperasian SPSS tahap demi tahap dibimbing oleh Dr.Junaidi, SE, M.Si selaku narasumber dari Universitas Jambi.


Peserta belajar dengan menggunakan Data SDKI 2017 sebagai bahan latihan. Pengoperasian data dilakukan dengan berbagai analisis antaranya; Uji deskriptive, Regresi Linear, Regresi Logistik, Analisis Faktor, Uji Normalitas, Uji F dan Uji T, Independent T Test, ANOVA, MANOVA, ANCOVA, Uji Non Parametris yang banyak sekali macamnya seperti Mann Whitney U Test, wilcoxon signed rank test, spearman, kendall tau,  dan lain sebagainya.

Tujuan dari pelatihan ini agar meningkatkan kualitas kemampuan dan keterampilan Tenaga fungsional BKKBN Jambi, dalam memahami alat analisis data (SPSS) untuk melakukan analisis data dilapangan.(sdv)