HADIRI PERTEMUAN RUTIN PKK KENALI BESAR, PKB KENALKAN 8 FUNGSI KELUARGA

Jambi –  Senin (11/11), diadakan pertemuan rutin PKK Keluarga Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo. Pertemuan ini diadakan setiap bulan sekali dan bertempat di Kantor Lurah Kenali Besar. PKK Kenali Besar terdiri dari 58 orang ibu-ibu yang berasal dari berbagai RT di Kelurahan Kenali Besar. Selain anggota PKK Kenali Besar, pertemuan kali ini juga dihadiri oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kec. Alam Barajo, yaitu Dwi Herrawaty,S.E., dan 3 orang CPNS BKKBN 2018.
Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau yang biasa disebut dengan PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK memiliki 10 program pokok yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan visi BKKBN yang ingin mewujudkan keluarga yang berkualitas. Kader PKK juga menjadi ujung tombak yang mampu memberdayakan masyarakat. Oleh karena itu, program KKBPK juga diperkenalkan kepada kader PKK.

Dwi Herrawaty,S.E. selaku PKB Alam Barajo mengatakan, “Penyuluhan terkait program KKBPK sering diberikan saat pertemuan PKK Kenali Besar. Materi penyuluhan yang diberikan pun berbeda-beda, antara lain MKJP, kesehatan reproduksi, dan sebagainya.”
Dalam pertemuan kali ini, penyuluhan yang diberikan kepada anggota PKK ialah mengenai 8 fungsi keluarga. Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, mengamanatkan penduduk sebagai modal dasar pembangunan. Oleh karena itu, setiap keluarga dan individu harus mampu menjalankan 8 fungsi keluarga dalam mewujudkan Indonesia sejahtera melalui pembangunan berkelanjutan. Adapun 8 fungsi keluarga terdiri dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta pembinaan lingkungan. Selain itu, diperkenalkan pula nilai-nilai yang harus disosialisasikan kepada anak dalam setiap fungsi yang ada. Para anggota PKK sangat antusias dalam mendengarkan penyuluhan terkait 8 fungsi keluarga ini.
“Dengan adanya penyuluhan seperti ini maka bisa meningkatkan pengetahuan anggota PKK. Selain itu, anggota PKK juga bisa berpartisipasi membantu pemerintah dalam menyukseskan program KKBPK”, ujar Ibu Fatmawati yang merupakan salah satu anggota PKK Kenali Besar. (aa)