Momentum TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Jambi 2019

JAMBI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar Momentum TNI Manunggal KB Kesehatan Kesatuan Gerak PKK Bhayangkara Bhakti IBI KB Kes Kota Jambi Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Kompleks Theresia Lapangan Yuka Paal Merah Kota Jambi, Rabu (20/11). Rangkaian kegiatan yang digelar meliputi pelayanan KB gratis, cek kesehatan gratis, pemeriksaan pap smear dan IVA test, gerai SIM, gerai PMI dan gerai BPJS serta gelar produk dari UPPKS se Kota Jambi yang diadakan untuk memeriahkan pelaksanaan Momentum KB Kesehatan.
Momentum KB Kesehatan ini dihadiri kurang lebih 300 undangan yang terdiri dari Walikota Jambi yang diwakilkan oleh Sekda Kota Jambi, TNI, Polri, Persit, Poles Kota Jambi, Kepala Peerwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Kepala OPD,PPK Kota Jambi, IBI, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang 23 Kodim 0415 Batanghari, Ketua Dharma Wanita, Kepala Dinas PPKB Kota Jambi, Camat dan Lurah se Kota Jambi, mitra kerja dan masyarakat sekitar.

Walikota Jambi yang diwakilkan oleh Sekda Kota Jambi dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan keluarga tidak bisa lepas dari peran penting perempuan sebagai gerak pembangunan dan perempuan Indonesia yang tergabung dalam gerakan PKK telah menunjukkan kiprahnya sebagai motor penggerak dari posyandu di program KB serta program-program kesejahteraan lainnya. Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya, bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga dimana kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 1994 yang merupakan kegiatan terpadu yang dimotori oleh PKK yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.
Sekda Kota Jambi juga mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menginformasikan kepada aparatur pemerintah dan masyarakat bahwa program pembangunan yang tengah dilaksanakan saat ini di dukung sepenuhnya oleh TNI, Polri, IBI cabang Jambi serta Pemerintah dan masyarakat dimana kegiatan ini akan dilaksanakan pelayanan KB gratis, gerai SIM, gerai BPJS serta pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan pap semar dan IVA test yang bekerjasama dengan TNI, PMI, Dinas Kesehatan dan UPPKS. Kegiatan nasional menunjukkan bahwa tingkat penggunaan kontrasepsi dan kebutuhan keluarga berencana yang tidak terpenuhi di tingkat Kabupatan/Kota sangat bervariasi, yang mengindikasikan adanya perbedaan pelaksanaan program KB di berbagai wilayah, yang menyebabkan sebagian kelompok masyarakat tidak mendapatkan hak KB. Tingkat komitmen yang bervariasi antar Kabupaten/Kota dan sering terjadinya kehabisan ketersediaan juga mempengaruhi ketersediaan kontrasepsi dan pelayanan KB. Arah kebijakan strategi dan pedoman keluarga berencana nasional memegang peranan penting bagaimana program KB dilaksanakan. Walaupun demikian,faktor sosial, budaya dan ekonomi juga mempengaruhi akses terhadap pelayanan KB dan memastikan apakah program tersebut memenuhi hak individu dan keluarga. Kesuksesan pelaksanaan pelayanan KB dapat menekan laju pertambahan penduduk terutama di Kota Jambi.

Selanjutnya peranan TNI dan Polri dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong terbentuknya partisipasi dari berbagai pihak baik dari masyarakat maupun pemerintah dalam meningkatkan cakupan pelayanan keluarga berencana sehingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyakarat.
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi H.M Rasyid Rido S, SH., M.Kes memberikan sambutannya bahwa melalui kegiatan Momentum TNI Manunggal KB Kesehatan Kesatuan Gerak PKK Bhayangkara Bhakti IBI KB Kes Kota Jambi Tahun 2019 merupakan salah satu bentuk kontribusi BKKBN RI, Polri, TNI serta mitra kerja untuk membangun masyarakat Indonesia agar tumbuh seimbang dan berkualitas sehingga bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat, sejahtera, adil dan makmur. Pertumbuhan masyarakat yang tumbuh seimbang akan menjadi moment bagi negara. Untuk itu, pencanangan momentum ini merupakan salah satu trobosan kepedulian untuk membantu mengurangi beban pemerintah dalam membangun masyarakat Indonesia. Keberhasilan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau yang kita kenal KKBPK akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan meningkatkan ketahanan nasional yang pada akhirnya akan tumbuh secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
“Tujuannya secara umum dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dapat menjangkau sasaran sampai tempat terpencil dan tertinggal khususnya Kampung KB untuk menjaga kualitas pelayanan melalui keterlibatan TNI, Polri dan seluruh mitra kerja lainnya baik Lembaga Eksekutif, Legislatif, Pemerintah Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta swasta serta tokoh agama masyarakat sebagai penopang kerja lini lapangan yaitu petugas Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang menjadi tenaga penggerak sehingga dapat mencapai keberhasilan program KKBPK. Sehingga dapat menekan angka kelahiran di Kota Jambi khususnya”. Ungkap Rasyid Rido. (dap).