PROVINSI JAMBI, PENGELOLA DATA SIGA TERBAIK SE-INDONESIA

Bekasi, 29 November 2019 bertempat di Hotel Harris and Convention Centre Summeracon, dalam acara Konsolidasi Bidang Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi (ADPIN) tingkat Nasional Kepla Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Mukhtar Bakti, SH, MA menerima apresiasi dari Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, SpOGK sebagai Provinsi Terbaik dalam pengelolaan data Sistem Informasi Keluarga (SIGA).


Dalam kesempatan ini Hasto menyampaikan bahwa, data merupakan sesuatu yang sangat penting dalam sebuah kebijakan. Data merupakan dasar dalam pembuatan kebijakan, data yang valid kunci dari penentuan kebijakan yang baik terutama kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan rakyat. Lapangan (kader pendata) merupakan sumber pertama data, jika sumber data pertama baik/jujur atau valid maka sampai ke atasnya akan menghasilkan sebuah kebijakan yang tepat sasaran.

Tahun 2020 BKKBN akan melaksanakan pekerjaan besar, yaitu pendataan keluarga (PK2020). Data keluarga ini lah yang selama ini menjadi dasar dari data by name by address Sistem Informasi Keluarga (SIGA) Provinsi Jambi. Data ini menyajikan informasi demografi kependudukan masyarakat di seluruh Provinsi Jambi. Berkaitan dengan SIGA, data kesertaan PUS ber KB yang ada pada data keluarga ini tersinkronisasi dengan SIGA, misal kesertaan ber-KB dari seorang WUS.
Provinsi Jambi merupakan pioneer sekaligus pilot project dalam pelaksanaan SIGA di Indonesia. Dengan adanya apresiasi ini, Mukhtar berharap bisa menjadi pemicu bagi pengelola data dan informasi di tingkat Kab/Kota ataupun kecamatan untuk dapat menyajikan data-data dan informasi-informasi kependudukan yang jauh lebih baik dan valid dalam pelaksanaan program KKBPK. (ry)