BKKBN Gelar Rapat Kerja Pelaksanaan DAK Sub Bidang KB Tahun 2020

Jambi – Sehubungan telah disahkannya Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan, khususnya sub bidang KB tahun 2020, maka Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menggelar rapat kerja dengan Pemerintah Provinsi Jambi. Acara dihadiri oleh Bappeda kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, serta Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah, di Hotel BW Luxury, Kamis (24/10).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH, MA, menyampaikan bahwa berdasarkan survei dan akuntabilitas pemerintah (SKAP) untuk program KKBPK tahun 2019 menunjukkan hasil yang kurang baik. Hanya satu dari lima sasaran strategis yang mencapai target.

“Target penggunaan MKJP yang melampaui target, yakni 24,6% dari target 23,5%, sedangkan angka kelahiran total, penggunaan kontrasepsi modern, tingkat putus pakai, capaian unmet need belum, malah gagal,” ujar Mukhtar Bakti.

Mukhtar Bakti berharap dengan pertemuan sosialisasi dan konsultasi pelaksanaan DAK sub bidang KB tahun 2020 ini dapat mengoptimalkan capaian indikator kinerja utama (IKU) program KKBPK tahun 2020.

“Kegiatan ini dapat memberikan persepsi yang sama diantara anggota Tim DAK sub bidang KB di tingkat Provinsi Jambi dan kabupaten/kota,” tuturnya.

Acara ini bertema “Melalui sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB, Kita Optimalkan Capaian Indikator Kinerja Utama Program KKBPK Tahun 2020”.

Guna menyongsong RPJMD 2020-2024, bertujuan meningkatkan kompetensi dan sinergitas para pengelola bidang KB di semua tingkatan, provinsi dan kabupaten/kota. Peserta pada acara ini sebanyak 70 orang, berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas P3AP2, Kanwil DJPB Provinsi Jambi.

Selain itu hadir juga KPPN Provinsi Jambi, Administrator Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, pengawas perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, para kepala dinas OPD KB kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah.