BKKBN Adakan Uji Coba Kartu Pendaftaran Rumah Data Kependudukan

Jambi – Direktorat Analisis Kependudukan BKKBN RI bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, melaksankan kegiatan uji coba kartu pendaftaran rumah data kependudukan di Provinsi Jambi dengan lokus empat rumah data kependudukan yang ada di Kampung KB di Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari. Uji coba kartu pendaftaran rumah data kependudukan ini dalam rangka pengembangan sistem monitoring dan evaluasi program rumah data kependudukan.

Kegiatan uji coba ini berlangsung pada tanggal 2-4 Oktober 2019 menggunakan metode Forum Group Discussion (FGD) bersama Tim dari Direktorat Analisis Dampak Kependudukan yang dipandu langsung Direktur Analisis Dampak Kependudukan, Dra. Hitima Wardhani, MPH dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH, MA. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Pokja Kampung KB, pengurus rumah data kependudukan dan OPD KB kabupaten/kota.

Rumah data kependudukan adalah rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro.

Prasyarat wajib pembentukan Kampung KB adalah ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat, dari sinilah rumah data kependudukan dibentuk agar semua data di Kampung KB berada di satu pintu yaitu rumah data kependudukan.

Rumah data kependudukan yang saat ini melekat pelaksanaannya dengan Kampung KB secara konseptual merupakan program yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan intervensi sosial berdasarkan partisipasi masyarakat dan peran strategis data.

Saat ini, Direktorat Analisis Dampak Kependudukan sedang menyusun mekanisme pelaporan dan evaluasi program “Rumah Dataku”. Tahap awal pengembangan sistem ini adalah dengan pembentukan data potensi.

Proses pembentukan data potensi ini menggunakan kartu pendaftaran “Rumah Dataku”, yang berfungsi sebagai instrumen untuk mendata kondisi awal dalam berjalannya “Rumah Dataku”. Sehingga diharapkan dengan adanya pendataan awal melalui kartu pendaftaran “Rumah Dataku” didapatkan informasi mengenai pengembangan SDM pengelola, pemanfaatan dan manfaat dari rumah data kependudukan.